10 Masjid Paling Indah Sedunia

1. Masjid Sultan Ahmed, Turki  

Masjid Sultan Ahmed atau dikenal juga dengan sebutan Masjid Biru dibangun di dekat Hagia Sophia dan istana kekaisaran Bizantium di Istanbul. Pekerjaan konstruksi dimulai pada tahun 1609 dan memakan waktu tujuh tahun. Masjid ini memiliki kubah yang berundak.

Saat berkunjung ke masjid ini, traveler akan melihat enam menara ramping yang mengelilingi Masjid Sultan Ahmed. Dahulu di dalam komplek masjid terdapat madrasah, rumah sakit, sebuah sekolah dasar, pasar, dan makam pendiri. Sebagian besar bangunan tersebut diruntuhkan pada abad ke-19.






2. Faisal Masjid, Pakistan  


Faisal Masjid terletak di dataran dengan latar belakang yang indah dari Bukit Margalla Hills, Islamabad, Pakistan. Masjid ini adalah yang terbesar di Asia Selatan. Masjid Faisal dirancang oleh arsitek Turki, Vedat Dalokay, dengan atap berbentuk seperti tenda padang pasir Suku Bedouin.

Karena berada di ketinggian, Masjid Faisal bisa dilihat oleh traveler dari kejauhan baik di siang hari dan malam hari. Saat ini Masjid Faisal dipahami sebagai Masjid Nasional Pakistan.








3. Masjid Nabawi, Arab Saudi 

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi dianggap sebagai masjid tersuci kedua dan masjid kedua yang dibangun dalam sejarah Islam oleh Nabi Muhammad SAW. Di tengah-tengah masjid terdapat mimbar tempat Nabi Muhammad SAW berkhutbah.

Renovasi terakhir terjadi di bawah Raja Fahd dan telah sangat meningkatkan ukuran masjid. Sehingga bisa menampung kunjungan sejumlah besar jamaah dan peziarah. Sekarang masjid ini dilengkapi ber-AC dan dihiasi dengan marmer.








4. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei Darussalam. Kubah emas masjid ini bersinar di saat malam hari.

Selain kubah utama dilapisi emas murni, Masjid sultan Omar Saiffudin juga berhias pilar marmer yang diimpor dari Italia, lantai granit dari Shanghai. Lampu kristal dan karpet juga diimpor dari Inggris dan Arab Saudi.









5. Masjid Kristal, Malaysia

Masjid Kristal merupakan masjid yang terletak di kawasan wisata Taman Tamadun Islam di Pulau Wan Man, Terengganu, Malaysia. Mesjid ini sangat megah karena dibangun dari baja, kaca dan kristal.

Masjid ini dibangun antara tahun 2006 dan 2008. Secara resmi Masjid Kristal dibuka pada tanggal 8 Februari 2008 oleh Yang di Pertuan Agung ke-13, Sultan Mizan Zainal Abidin dari Terengganu.








6. Masjid Kul-Sharif, Rusia 
  
Masjid Kul-Sharif yang terletak di Kazan Kremlin, Rusia. Saat masa pembangunannya, masjid ini terkenal sebagai masjid terbesar di Rusia, dan di Eropa, tentunya di luar Istanbul.

Masjid ini dibangun Kremlin Kazan pada abad ke-16. Lalu masjid dinamakan Kul-Sharif, imam yang bekerja di sana. Kul-Sharif meninggal dunia bersama-sama ramai pelajarnya ketika mempertahankan Kazan dari pendudukan Rusia tahun 1552.









7. Masjid Raya Djenne, Mali 
  
Masjid Raya Djenne adalah bangunan terbuat dari lumpur terbesar di dunia dan ramah lingkungan. Masjid ini terletak di dekat Sungai Bani, Kota Djenne, Mali, Afrika.

Masjid dahulu ini dibangun atas permintaan pemerintah kolonial Prancis tahun 1906. Bahkan, Masjid Raya Djenne dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari gaya arsitektur di wilayah selatan Sahara.









8. Masjid Agung Sheikh Zayed, UEA 
  
Karya seni arsitektur ini adalah salah satu masjid terbesar di dunia, dengan kapasitas 41.000 jamaah. Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab memiliki 82 kubah, tiang ujung kubah menyerupai lilin dan berlapisi emas 24 karat, serta permadani rajutan tangan terbesar di dunia.

Kolam yang mengelilingi masjid memantulkan cahaya, memperkuat keindahannya. Warna putih dan emas yang mencolok bersinar di bawah sinar matahari berubah pada malam hari oleh sistem pencahayaan unik sehingga mencerminkan fase bulan.







9. Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah, Brunei Darussalam 
 
Jame Asr Hassanil Bolkiah adalah masjid megah yang terletak di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam. Masyarakat lokal mengenalnya sebagai Masjid Kiarong. Masjid ini dianggap sebagai salah satu monumen yang termegah bagi umat Islam.

Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah merupakan gagasan dari Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah dan Yang Dipertuan Negara Brunei Darussalam. Desain seni murni dan interior masjid ini menunjukkan ungkapan kedalaman cinta untuk membangun simbol indah dari pengabdian kepada Islam.







10. Masjidil Haram, Arab Saudi 
  
Masjidil Haram adalah tempat paling suci Umat Islam. Inilah titik tumpuan salat umat Islam yang berpusat di Ka'bah. Masjid ini terletak di Kota Makkah dan merupakan masjid terbesar di dunia.

Masjidil Haram dapat menampung sampai 4 juta jamaah. Muslim dari seluruh dunia yang berkunjung ke Masjidil Haram selama musim haji.



0 komentar: