Keren! 70 Persen Karang di Dunia Ada di Raja Ampat

imgTak salah kalau Raja Ampat disebut-sebut sebagai surganya penyelam. Selain melihat ribuan jenis ikan, Anda akan melihat 70 persen karang di dunia yang ada di perairan Raja Ampat. Menakjubkan!

Raja Ampat saat ini tengah menjadi primadona bagi penyelam dunia. Tak heran, banyak traveler yang menyebut gugusan kepulauan ini adalah surga bawah laut. Raja Ampat memiliki 4 pulau besar, yaitu Wageo, Misol, Batanta dan Salawati, sedangkan pulau kecil ada 1.840 pulau.

"Potensi Kabupaten Raja Ampat 87% itu dari laut," kata Bupati Raja Ampat, Marcus Wanna dalam jumpa pers Festival Budaya Raja Ampat di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lantai 17, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (5/10/2012).
img
Mengingat kawasannya yang didominasi laut, tidak mengherankan kalau banyak yang senang menyelam dan menikmati keindahan lautnya. Ada banyak karang dan ikan cantik yang menjadi penghuninya. Yang lebih mengagetkan lagi, ternyata Raja Ampat menyimpan 70 persen karang yang ada di dunia.

"70 Persen karang dunia ada di Raja Ampat, karang keras ada 553 jenis, penyu 5 jenis, pari manta, kerang-kerangan 699 jenis," tambah Marcus.

Dibanding daerah lain, Raja Ampat memang memiliki keanekaragaman hewan yang lebih beragam. Bayangkan saja, ikan karang di Bali ada 964 jenis, Fakfak 1.005 jenis, sedangkan Raja Ampat punya 1.427 jenis. Wow!

"Bayangin tuh, ada 70 persen karang di dunia ada di Raja Ampat. Jadi kalau kita menyelam ke Raja Ampat bisa lihat 70 persen karang di dunia, belum lagi 1427 jenis ikan karang," kata Sapta Nirwandar di sela-sela jumpa pers.


img

0 komentar: