cara mudah untuk membuat komputer tidak cepat panas

Komputer cepat panas adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi. PC yang cepat panas dapat menyebabkan masalah-masalah lain muncul, seperti tidak berfungsinya lagi beberapa perangkat hardware dalam CPU. Penyebabnya sebenarnya bisa dilacak dengan mudah, bisa jadi karena komponen yang tidak sesuai apalagi untuk komputer rakitan.
Penyebab utama biasanya processor yang terlalu panas. Mengingat processor adalah perangkat paling penting dan paling cepat panas. Tidak ada salahnya Anda memilih headsink berkualitas tinggi untuk kenyamanan processor Anda.


Untuk menjaga keadaan suhu pada processor, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
 1. Pastikan PC Anda tidak terhubung ke listrik. Setelah mematikan PC, diamkan sementara agar headsink dingin terlebih dahulu. Lepas headsink beserta kipasnya.
2. Pisahkan antara headsink dan kipas.
3. Bersihkan debu yang menempel dengan kuas lembut. Usahakan sampai benar-benar bersih dari debu,
4. Setelah itu bersihkan menggunakan kain setengah basah. Anda bisa menggunakan kain yang lembut atau kuas tadi. Bersihkan pula sela-sela kipas, bila dirasa kurang, gunakan air sabun. Lalu anginkan headsink dan pastikan sampai benar-benar kering. Jangan taruh di tempat yang terkena sinar matahari.
5. Pasang kembali headsink seperti semula.

Lakukan langkah-langkah di atas minimal 1-2 bulan sekali.  Selain itu, pastikan settingan overclock di BIOS adalah “Standard” jangan “Auto”.

0 komentar: