Badai Matahari

Belakangan ini orang rame ngomongin badai matahari. Saya sendiri awalnya gak tahu sih, cuman karena orang banyak ribut, di status facebook... tweet dari twitter. Bahkan sampe di kaskus pun tiap kali saya refresh forum lounge, ne masalah badai matahari pasti ada aja. Tapi belum ada penjelasan yang mantap soal apa itu badai matahari.
Apa itu badai matahari?
Badai matahari itu adalah ledakan dahsyat di matahari, yang bakalan mengirim milyaran ton partikel tak bermuatan berenergi tinngi, yang biasa disebut plasma ke luar angkasa yang sampe menyentuh angka 1.000.000 mil/jam. Gila kan, cepet banget, Stoner aja kalah cepet tuh kalo pake motoGP. Selain itu, matahari juga mengirim lontaran massa korona (CME) -yang tanpa menggunakan jasa pos- hingga kecepatan 22.000 km/detik.

Penyebab ledakan itu apa sih?
Badai matahari disebabkan ledakan dahsyat di permukaan matahari. Kenapa bisa jadi meledak? Bukan karena ada gerombolan teroris yang iseng naruh bom di matahari, tapi karena perubahan tekanan yang ekstrim antara atmosfer matahari dengan permukaannya, lebih sering terjadi di bintik hitam matahari (haha ketahuan jarang ngerawat permukaan kulitnya). Nah, hal inilah yang menyebabkan semburan api di permukaan matahari yang tampak seperti ledakan besar (pastinya, wong matahari segede apa...).

Oh... terus apa efeknya bagi bumi?
Nah, bintik hitam matahari itu punya kekuatan magnet, jadi menghasilkan semacam gelombang elektromagnetik. Coba ingat-ingat, benda apa dari bumi yang ada di luar angkasa? Yap, satelit. Satelit dalam beroperasi memancarkan gelombang juga, nah, kalo ada gelombang elektromagnetik yang mengganggu, pastinya kerja satelit terganggu kan? Makanya, kerja alat-alat yang menggunakan satelit dan juga gelombang radio kayak handphone, GPS, wireless, radio sendiri juga bakalan ikut terganggu. Gak lebih dari itu. Jadi kalo ada berita bilang "matikan HP, berbahaya" itu cuma penipuan jenis baru.
Tapi badai matahari juga asyik lho, soalnya dapat menciptakan Aurora borealis yang indah, aurora yang biasa terjadi di daerah utara bumi. Pengen liat gambarnya? Searching aja di google, banyak kok.

nah, ini ada video youtube mengenai penyebab badai matahari, nonton aja...

0 komentar: